Selasa, 05 November 2013

Peranan pemuda dalam sosialisasi, internalisasi belajar, dan pengembangan generasi muda.


Pemuda adalah generasi penerus bangsa yang akan membuat Negara menjadi maju atau sebaliknya. Peranan pemuda dalam sosialisasi sangat berpengaruh besar dalam kehidupan bermasyarakat. Biasanya para pemuda dan pemudi sering mengikuti kegiatan social, seperti kegiatan amal dan tidak hanya itu saja, mereka juga sering mengikuti kegiatan penyuluhan di dalam sebuah organisasi.

Kebanyakan dari mereka masih berstatus sebagai pelajar, jadi belajar adalah kewajiban nomor satu mereka yang harus dikerjakan. Belajar adalah proses untuk menambah pengetahuan dan jalan sukses menuju masa depan yang cerah. Sebenarnya untuk memperoleh pengetahuan tidak hanya di sekolah saja, tetapi di luar sekolah bahkan ilmu yang didapatkan di luar sekolah lebih banyak karena kita bisa terlibat langsung di dalamnya dan mendapatkan pengalaman.

Belajar harus didasarkan atas kesadaran sendiri karena orang yang rajin belajar pasti akan sukses dalam bidang akademik. Biasanya pelajar juga dituntut untuk tidak hanya menguasai dalam bidang akademik tapi juga harus bisa dalam bidang non akademik, seperti olahraga dan kesenian.

Bidang non akademik juga berperan penting dalam pengembangan diri terutama rasa percaya diri. Rasa percaya diri sangat penting dan harus dimiliki oleh semua pemuda dan pemudi dalam menjalani kehidupan sehari-hari karena ini juga kunci agar sukses dalam berkarir.

 

Contoh:

Orang tua yang mendaftarkan anaknya ke beberapa tempat kursus seperti kursus Matematika, kursus bahasa asing, kursus bela diri, dan kursus musik.

Tanggapan:

Menurut saya tidak ada salahnya jika orang tua ingin mendaftarkan anaknya ke beberapa tempat kursus. Tetapi harus di konsultasikan terlebih dahulu kepada anaknya. Seperti kursus music/ olahraga/ bahasa asing. Karena belum tentu si anak tertarik atau berminat untuk mengikuti kursus music. Dan jangan sampai dengan mengikuti beberapa kursus, si anak tidak mempunyai waktu luang untuk beristirahat karena bagaimanapun kesehetan adalah hal yang paling utama.

Dengan dibekali ilmu non akademik, anak tersebut akan mempunyai nilai lebih saat dewasa dan tidak semua orang yang bisa memiliki kemampuan seperti dia.
Sumber: Buku bimbingan konseling SMA kelas X & XI. Penerbit Rajawali pers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar