Selasa, 28 April 2015

Manfaat Teknologi Informasi Komunikasi



Perkembangan zaman yang semakin berkembang tentunya diikuti pula dengan perkembangan teknologi informasi komunikasi yang juga semakin kompleks, Penggunaan TIK dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi kebutuhan primer hampir setiap orang, kita lihat di mana-mana orang-orang tidak dapat lepas dari penggunaan handphone, IPhone, Ipad, dan laptop dalam kehidupan mereka sehari-hari. Karena bagi mereka informasi merupakan hal yang sangat penting, sebab ada kata bijak “Siapa yang menguasai informasi maka dia yang akan menguasai dunia”.
Internet merupakan sarana yang paling cepat untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, mengingat manfaat internet dewasa ini terasa semakin berperan penting dan sangat luas cakupannya. Bila pada sekitar 10 tahun yang lalu, manfaat Internet lebih banyak digunakan oleh kalangan perkantoran dan bisnis, sekarang boleh dikatakan Internet menjadi hal wajib bagi bernagai kalangan, aksesnya pun juga jauh lebih mudah didapat. Kecanggihan teknologi smartphones, gadget dan akses Internet dari rumah pun sekarang bisa didapat dengan mudah dan biayanya yang relatif murah.
Internet seolah-olah sebuah pintu, yang ketika kita melewatinya akan terbentang berbagai macam hal dari seluruh belahan dunia.  Bukan sebatas keterbatasan mata memandang, internet menawarkan kepada kita untuk bisa berkeliling dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduk di depan layar monitor.  Seolah dunia Internet tanpa batas waktu dan jarak.  Lewat Internet kita bisa banyak sekali mendapatkan informasi terbaru tentang berbagai hal, bertemu lewat Internet dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, saling berbagi, saling berbincang, bertukar ide, pengetahuan dan tentu akan banyak lagi manfaat internet yang bisa kita dapat.
Penggunaan internet tentunya mempunyai dampak, baik positif maupun negatif. Namun kali ini akan di bahas dampak positif, diantaranya :
·         Menambah Wawasan dan Pengetahuan dari berbagai bidang, dari seluruh dunia.  Bagi para pelajar juga banyak manfaat yang bisa di ambil, banyak informasi yang berkaitan dengan pelajaran yang bisa di dapat di Internet dan tidak diperoleh di bangku sekolah karena keterbatasan waktu mengajar guru.  Dengan banyaknya wawasan yang di dapat di Internet akan mumbuka jalan pikiran yang lebih luas dan maju.
·         Mendapatkan banyak Ide baru yang segar dan mempunyai prospek yang bagus dimasa depan. Melepaskan pola piker yang terkukung dan terpaku, melihat informasi kemajuan yang dicapai Negara lain secara cepat, melihat kesuksesan orang lain, mendapat tips dan trik yang bisa mennjadi pemacu semangat belajar dan berusaha.
·         Sarana Komunikasi, semakin canggihnya Internet memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara tak terbatas, tidak terbatas ruang dan tempat, hal ini juga bisa dilakukan dengan handphone tetapi jejaring social seperti facebook di Internet memungkinkan kita untuk menemukan teman-teman lama yang tidak pernah bertemu karena masalah tempat, menemukan teman-teman baru dari berbagai wilayah, bahkan menemukan informasi orang-orang yang kita ingin ketahui keberadaannnya, semua bisa dilakukan tanpa harus beranjak dari tempat.
         Menghemat Waktu dan Biaya,   penggunaan Internet dalam melakukan pekerjaan kita sehari-hari berdampak pada berkurangnya secara signifikan total biaya administrasi relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholder-nya untuk keperluan aktivitas sehari hari, begitu pula dengan waktu yang dibutuhkan relative jauh lebih singkat dan cepat untuk menyampaikan suatu informasi.
·         Teknologi Ramah Lingkungan, Internet dapat dikatakan sebagai teknologi yang ramah lingkungan, karena dengan semakin banyaknya transaksi/pekerjaan yang dilakukan secara eletronik seperti mengirim surat via e-mail, mengerjakan aplikasi-aplikasi perkantoran lainnya dapat menekan penggunaan kertas dan tinta, dimana kita ketahui untuk memproduksi selembar kertas harus dikorbankan satu batang pohon kayu.

Dalam Bidang Pemerintahan
Kemajuan teknologi informasi yang pesat serta potensi pemanfaatannya secara luas, membuka peluang kemudahan mengakses tata kelola pemerintahan, tuntutan adanya Good Corporate Governance (pemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif). Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang memenuhi kepentingan masyarakat luas di seluruh wilayah negara, dapat diandalkan dan terpercaya, serta mudah dijangkau secara interaktif. Perlu dikembangkan sistem dan proses kerja yang lebih lentur untuk memfasilitasi berbagai bentuk interaksi yang kompleks dengan pihak lainnya

Dengan adanya e-Governance diharapkan dapat memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada stakeholder-nya (masyarakat,kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja, efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara, meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Corporate Governance, juga mampu mengurangi secara signifikan total biaya administrasi relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholder-nya untuk keperluan aktivitas sehari hari.







Manfaat e-Governance
Merupakan suatu upaya untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dimaksudkan untuk meningkatkan
o   efisiensi
o   efektivitas
o   transparansi
o   akuntabilitas
penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik didasarkan pada :
o   UUD 45 pasal 28 F
o   INPRES No.3 Th.2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government
o   UU No.11 Th.2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)
o   UU No.14 Th.2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP)
Keuntungan :
  1. Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
  2. e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
  3. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
Kerugian :
  1. Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.
2.   
Sumber: sulsel.kemenag.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar