Kamis, 13 November 2014

Teori Kepariwisataan










  Pengertian Pariwisata
Kata pariwisata berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “Pari” yang artinya halus maksudnya mempunyai tata krama yang tinggi dan “Wisata” yang berarti kunjungan.  Jadi pariwisata adalah menyuguhkan suatu kunjungan secara bertata karma dan berbudi. (Syafie, 2009:15).
Jadi ilmu pariwisata adalah lmu yang mempelajari bagaimana suatu negara baik pemerintahnya menyuguhkan segala keperluan tamu -tamu mereka yang akan datang berkunjung melihat keindahan pemandangan alam, atau sejarah bangsa dan menikmati seni budaya bangsa tersebut secara bertata krama dan halus berbudi dalam arti agamis.
2.      Industri Pariwisata Menurut Para Ahli
Industri Pariwisata adalah salah satu jenis industri baru yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja, peningkatan penghasilan, standar hidup serta menstimulasi sektor-sektor produktif lainnya. Selain itu, sebagai sektor yang kompleks, pariwisata juga merealisasi industri-industri pendukung seperti cinderamata, akomodasi dan transportasi.
Ada beberapa pengertian industri pariwisata menurut para ahli sebagai berikut:
a.      Industri Pariwisata adalah kumpulan dari macam-macam perusahaan yang secara bersama-sama menghasilkan produk barang dan jasa (goods and services) yang dibutuhkan para wisatawan pada khususnya dan traveler pada umumnya selama dalam melakukan perjalanannya. (Yoeti 1982: 140).
b.      Kusudianto (1996: 11), juga mengemukakan pendapatanya tentang pengertian Industri Pariwisata yang merupakan suatu susunan kegiatan dalam organisasi pemerintahan maupun swasta yang berfungsi untuk memasarkan hasil produk wisata bagi wisatawan.
c.       Damardjati, mendefinisikan Industri pariwisata adalah rangkuman dari berbagai macam yang secara bersama-sama menghasilakan produk-produk/ jasa-Jasa/layanan-layanan atau services, yang nantinya baik secara langsung maupun tidak langsung akan dibutuhkan oleh wisatawan selama perlawatannya. (dalam Yoeti,1982: 141).

Dari ketiga teori tersebut dapat disimpulkan bahwa industri pariwisata bisa berkembang dengan pesat karena ada dukungan dan kerja sama dari pemerintah dan swasta dalam menyediakan barang-barang keperluan traveler serta menyediakan pelayanan yang memuaskan.

Sumber : repository.usu.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar