Rabu, 08 Mei 2013

Terminologi pariwisata


1.    Pariwisata

Pariwisata berasal dari dua kata, yakni Pari dan Wisata. Pari dapat diartikan sebagai banyak, berkali-kali, berputar-putar atau lengkap. Sedangkan wisata dapat diartikan sebagai perjalanan atau bepergian yang dalam hal ini sinonim dengan kata ”travel” dalam bahasa Inggris. Atas dasar itu, maka kata ”Pariwisata” dapat diartikan sebagai perjalanan yang dilakukan berkali-kali atau berputar-putar dari suatu tempat ke tempat yang lain, yang dalam bahasa Inggris disebut dengan ”Tour”. (Yoeti, 1991:103).

Sedangkan menurut RG. Soekadijo (1997:8), Pariwisata ialah segala kegiatan dalam masyarakat yang berhubungan dengan wisatawan.

2.     Agrowisata

“Agricultural tourism, or agri-tourism, is one alternative for improving the incomes and potential economic viability of small farms and rural communities” (www.sfc.ucdavis.edu)

Sementara definisi lain mengatakan, agritourism adalah sebuah alternatif untuk meningkatkan pendapatan dan kelangsungan hidup, menggali potensi ekonomi petani kecil dan masyarakat pedesaan

3.     Ekowisata

Ekowisata yang dimaksud dalam kriteria ini adalah ecological tourism, yaitu suatu model pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab di daerah yang masih alami atau daerah-daerah yang dikelola secara kaidah alam untuk menikmati dan menghargai alam (da segala bentuk budaya yang menyertainya) yang mendukung konservasi, melibatkan unsur pendidikan dan pemahaman, memiliki dampak yang rendah dan keterlibatan aktif sosio ekonomi masyarakat setempat

4.     wisata alam

wisata alam adalah perwujudan ciptaan manusia, tata hidup seni-budaya serta sejarah bangsa dan tempat atau keadaan alam yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi

5.     Aksesibilitas adalah derajat kemudahan dicapai oleh orang, terhadap suatu objek, pelayanan ataupun lingkungan. Aksesibilitas juga difokuskan pada kemudahan bagi penderita cacat untuk menggunakan fasilitas seperti pengguna kursi roda harus bisa berjalan dengan mudah di trotoar ataupun naik keatas angkutan umum.

6.     Cagar alam adalah suatu kawasan suaka alam karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.

7.     Objek Wisata

Objek wisata adalah sebuah tempat rekreasi/tempat berwisata. Biasanya obyek wisata merupakan gunung, danau, sungai, pantai, laut, dll. Obyek wisata biasanya di tempat yang sejuk atau tempat yang bisa menikmati keindahan alam

8.    Hospitaliti

Hospitaliti adalah hubungan antara tamu dan tuan rumah, atau tindakan atau praktek yang ramah. Secara khusus, ini termasuk penerimaan dan hiburan para tamu, pengunjung, atau orang asing, resort, klub keanggotaan, konvensi, atraksi, acara khusus, dan layanan lainnya untuk wisatawan dan turis.

9.    Industri Pariwisata

Ada beberapa pengertian tentang industri pariwisata, antara lainnya sebagai kumpulan dari macam-macam perusahaan yang secara bersama menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa (goods and service) yang dibutuhkan para wisatawan pada khususnya dan traveler pada umumnya,selama dalam perjalanannya

10.  Tradisi (Bahasa Latin: traditio, "diteruskan") atau kebiasaan, dalam pengertian yang paling sederhana adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama. Hal yang paling mendasar dari tradisi adalah adanya informasi yang diteruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun (sering kali) lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi dapat punah.

11.  Sektor pariwisata

Sektor pariwisata, seperti direnungkan dalam TSA, adalah sekelompok unit produksi dalam industri yang berbeda yang menyediakan barang-barang konsumsi dan layanan yang dituntut oleh pengunjung. Industri seperti disebut industri pariwisata karena pengunjung akuisisi mewakili seperti bagian signifikan dari pasokan mereka bahwa, dalam ketiadaan pengunjung, produksi mereka ini akan lenyap dalam jumlah berarti.




12.  Wisata (atau semalam pengunjung)

Pengunjung (domestik, inbound atau outbound) diklasifikasikan sebagai turis (atau semalam pengunjung), jika perjalanan / termasuk menginap semalam.




13.  Travel / Wisata

Perjalanan mengacu pada aktivitas wisatawan. Seorang musafir adalah seseorang yang bergerak antara lokasi geografis yang berbeda, untuk tujuan apapun dan durasi apapun. Pengunjung adalah jenis tertentu musafir dan akibatnya pariwisata subset dari perjalanan.




14.  Perjalanan Partai

Pesta perjalanan didefinisikan sebagai pengunjung yang bepergian bersama-sama pada sebuah perjalanan dan pengeluaran yang akan digabung.




15.  Perjalanan

Perjalanan merujuk kepada perjalanan oleh orang dari waktu keberangkatan dari nya / tempat tinggal biasa sampai ia kembali: Jadi mengacu pada round trip. Perjalanan yang diambil oleh pengunjung yang perjalanan wisata.




16.  Biasa lingkungan

Lingkungan biasa individu, konsep kunci di pariwisata, didefinisikan sebagai wilayah geografis (meskipun tidak selalu satu bersebelahan) di mana seorang individu melakukan rutinitas biasa hidup mereka.




17.  Rumah liburan

Rumah liburan (kadang-kadang juga ditunjuk sebagai hari libur) adalah sebuah hunian sekunder yang dikunjungi oleh anggota-anggota keluarga sebagian besar untuk keperluan rekreasi, liburan atau bentuk lain dari liburan.

 

18. Kunjungi

Perjalanan terdiri dari kunjungan ke tempat-tempat yang berbeda. Istilah kunjungan wisata merujuk untuk tinggal di tempat yang dikunjungi selama wisata perjalanan.

19.  Pengunjung

Pengunjung adalah seorang musafir yang melakukan perjalanan ke tujuan utama di luar lingkungan / biasa, selama kurang dari satu tahun, untuk tujuan utama (Bisnis, liburan atau tujuan lain pribadi) selain dari untuk digunakan oleh entitas yang tinggal di negara atau tempat dikunjungi. Pengunjung (domestik, inbound atau outbound) diklasifikasikan sebagai turis (atau semalam pengunjung), jika perjalanan / termasuk menginap semalam, atau sebagai pengunjung hari yang sama (atau biara) jika tidak

20. Adult

Adult; kategori dewasa dalam tiket, tidak akan mendapat diskon pada saat pembelian tiket.

21. Airport Service Charge / Passenger Service Charge

Airport Service Charge / Passenger Service Charge; Biaya yang dibebankan oleh pengelola bandara kepada penumpang pesawat udara yang menggunakan pelayanan bandar udara yang bersangkutan karena ikut memanfaatkan jasa-jasa pelayanan dan penggunaan fasilitas terminal bandar udara tersebut.

22. Auxiliary Service Operator

Auxiliary Service Operator; Penyelenggara atau penyedia pelayanan meliputi akomodasi hotel, tour, car rental, air taxi, maupun surface transportation yang berkaitan dengan perjalanan penumpang.

23. Baggage Allounce

Baggage Allounce; Kapasitas bagasi/barang yang boleh dibawa oleh penumpang untuk keperluan atau kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan.

24. Baggage Claim Area

Baggage Claim Area; tempat/area pengambilan bagasi di airport.

25. Baggage Tag

Baggage Tag; Tanda pengenal dari bagasi atau nomor bagasi.

Boarding Pass

Boarding Pass; alat/syarat yang memungkinkan Anda untuk menaiki pesawat terbang.

Boarding Airline / Boarding Member

Boarding Airline; Penerbangan atau airline yang mengangkut penumpang dari suatu kota keberangkatan atau boarding point.

Boarding Point

Boarding Point; kota atau airport tempat penumpang dijadwalkan berangkat memakai suatu penerbangan tertentu.

Booking / Reservation

Booking / Reservation; pemesanan tempat atau akomodasi yang dibuat atau dimiliki penumpang.

Cancellation Fee

Cancellation Fee; Pembayaran atas pembatalan.

Carrying Member / Carrying Airline

Carrying Member / Carrying Airline; Setiap airline yang ikut aktif mengangkut dalam suatu perjalanan penumpang.

Charter Airline

Charter Airline; Bisnis menyewa seluruh pesawat (yaitu, penyewaan) sebagai lawan kursi pesawat individu (yaitu,

pembelian tiket melalui maskapai tradisional).

Check-in

Check-in; tindakan yang dilakukan oleh tamu atau penumpang untuk melaporkan diri kepada pihak hotel maupun airline.

Children

Children; Children (2tahun - 12tahun), kategori anak-anak yang akan dikenakan diskon pada saat pengissuedtan tiket. Akan tetapi, penerbangan lokal Indonesia hanyalah Garuda Indonesia yang memberikan diskon pada anak-anak.

Continue Itinerary

Continue Itinerary; Segmen lanjutan (tidak termasuk Gap) yang dimiliki penumpang dalam suatu perjalanan.

Computer Reservation System (CRS)

Computer Reservation System (CRS); Sistim komputer yang memuat informasi tentang jadwal penerbangan, ketersediaan tempat (seat), harga (fare) dan pelayanan (service) lainnya yang terkait dengan perjalanan penumpang. Sistim ini juga dapat untuk melakukan transaksi reservasi dan proses pengeluaran tiket.

Connecting Flight

Connecting Flight; pemberhentian pesawat terbang di suatu tempat tertentu, kemungkinan untuk pergantian pesawat, biasanya terjadi pada penerbangan internasional.

Destination

Destination; tempat tujuan penerbangan, tempat yang merupakan tujuan akhir dari suatu perjalanan.

Deplanning point

Deplaining point; Kota atau airport tempat penumpang dijadwalkan mengakhiri perjalanannya dalam suatu penerbangan tertentu.

Direct Flight

Direct Flight; Penerbangan langsung dari origin point menuju destination tanpa ada transit.

Duplicate Reservation

Duplicate Reservation; Dua pembukuan atau lebih yang dibuat oleh seseorang atau beberapa penumpang yang sama, sedangkan penumpang tersebut hanya dapat menggunakan salah satu dari reservasi tersebut.

Endorsement

Endorsement; Otorisasi dari perusahaan penerbangan kepada pejabatnya untuk memindahkan hak pemakaian dari ticket atau flight coupon kepada perusahaan penerbangan yang lain.

Estimate Time Arrival (ETA)

Estimate Time Arrival (ETA); Ketika sebuah kapal, kendaraan, pesawat, kargo, layanan darurat atau komputer diharapkan tiba di tempat tertentu. ETA Biasanya berarti - perkiraan waktu / diharapkan dari kedatangan / untuk mencapai / tersisa.

Estimate Time Departure (ETD)

Estimate Time Departure (ETD); Data dan waktu di mana perjalanan udara atau kapal diperkirakan akan berangkat dari sebuah kota melalui bandara atau pelabuhan.

Exchange Voucher

Exchange Voucher; Voucher yang di keluarkan oleh BPW yang ada di dalam negeri sebagai pengganti voucher yang di bawa wisatawan dari negaranya.

Fare

Fare; harga yang dikenakan pada penumpang ketika membeli tiket. Fare terdiri dari Fare basic, Fuel Surcharge, Tax, dan Iuran Wajib Jasa Raharja.

Flight Coupon

Flight Coupon; kupon yang harus diisi sesuai dengan data reservasi penerbangan.

Flight Number

Flight Number; nomor penerbangan suatu airline.

sumber: wikipedia dan tourismworld.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar